Jumat, 07 Desember 2012

ARTIKEL PENGENALAN KOMPUTER UNTUK AUD


“Apakah pembelajaran komputer di usia dini sudah diperlukan saat sekarang”
Sebagaimana yang kita ketahui perkembangan teknologi itu memang semakin berkembang pesat, seluruh pekerjaan dapat terselesaikan dengan mudah dengan teknologi yang semakin canggih. Contohnya dengan adanya komputer,  komputer sangat diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan. Dan komputer juga dapat membantu siswa dalam menyelesaikan tugasnya. Oleh karena perkembangan teknologi saat ini semakin canggih maka siswa perlu mengetahui bagaimana cara pemakaian komputer. Karena dengan adanya komputer dan jaringan internet dapat memudahkan anak dalam belajar dan memahami pelajaran sebab anak dapat mengakses materi pelajaran yang menarik didalamnya.
Menurut analisa Dr. Glenn Doman dimana dalam bukunya yang berjudul How to Multiply Your Child’s Intelligence menyatakan bahwa : ‘Semua bayi dalam perkembangan berikutnya akan ditentukan pada usia enam tahun pertama dari hidupnya.” Dalam penelitiannya, Doman menemukan bahwa sebagian besar anak belajar diantara usia 1 sampai 6 tahun dengan menyerap segala sesuatu yang diajarkan kepada mereka. Pengajaran yang diperoleh anak pada usia ini akan menentukan nilai-nilai atau keterampilan yang akan mereka miliki di masa mendatang.

Berdasarkan atas penemuan di atas, bahwa penting bagi kita sebagai calon guru  untuk memperkenalkan anak-anak kepada komputer ketika mereka masih dini.
Sesuai fakta bahwa masa AUD merupakan masa yang tepat untuk mendapatkan banyak masukan dan stimulus positif yang dapat membangkitkan kemampuan dan keahlian yang pada akhirnya berguna bagi masa depan. Untuk itu pengenalan  komputer pada usia dini saat ini sudah diperlukan selain karena melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih agar anak tidak tertinggal dalam perkembangan teknologi itu, juga pengenalan komputer sangat baik untuk anak karena pembelajaran dengan media komputer akan melahirkan suasana yang menyenangkan bagi anak. Gambar-gambar dan suara yang muncul juga membuat anak tidak cepat bosan, sehingga dapat merangsang anak mengetahui lebih jauh lagi. Oleh sebab itu, pengenalan komputer pada usia dini sangat diperlukan.
Namun pengenalan komputer yang diberikan kepada anak usia dini sifatnya hanyalah sebagai pengenalan dan hiburan saja, karena pada masa AUD prinsip pembelajaran adalah bermain sambil belajar. Jika pelajaran komputer dijadikan pelajaran yang serius tentu mereka akan terbebani, karena mereka masih harus fokus pada pelajaran membaca dan berhitung.
Menurut Catherine dan Glenn de Padua, penulis Teaching Children Computer Literacy, banyak peneliti menyarankan usia 3 - 4 tahun sebagai usia terbaik untuk memulai pelajaran komputer pada anak. Di usia ini, anak sudah menguasai keterampilan hidup dasar, seperti berjalan dan berbicara. Karena itulah ia sudah siap mengeksplorasi komputer dan melakukan aktivitas coba-coba secara langsung.
Namun, mengenalkan komputer pada anak, amat tergantung pada kesiapan orangtua dan guru dalam mengenalkan dan mengawasi anak saat bermain komputer. Karenanya, kepada semua orangtua, perlu diingatkan peran penting mereka dalam pemanfaatan komputer bagi anak. Berikan kesempatan pada anak untuk belajar dan berinteraksi dengan komputer sejak dini. Apalagi mengingat penggunaan komputer adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari pada saat ini dan masa yang akan datang.
Banyak manfaat yang dapat diperoleh anak dalam pembelajaran melalui media komputer yaitu :
  1. Dengan pembelajaran  melalui media komputer di Taman Kanak-kanak akan mempermudah anak dalam mengenal dan belajar mengenai huruf, angka, warna, bentuk geometri dan sebagainya
  2. Pembelajaran melalui komputer yang diterapkan pada anak usia dini tentunya dapat menstimulasi kecerdasan mereka, misalnya kecerdasan kognitif mengenai pemahaman konsep bilangan maupun kecerdasan bahasa dan mengasah kemampuan untuk berpikir kritis.
  3. Pembelajaran melalui komputer bagi anak dapat menstimulasi koordinasi mata dengan ketepatan gerak tangan dengan belajar menggunakan mouse. Secara tidak langsung pembelajaran melalui komputer juga membantu perkembangan motorik halus.
  4. Sebagai media belajar, komputer memiliki keunggulan dalam hal interaksi, dan menumbuhkan minat belajar mandiri bagi anak. Tetapi interaksi komputer dengan anak belum dapat menggantikan interaksi orang tua atau guru dengan anak.
  5. Meningkatkan keterampilan belajar. Penelitian menunjukkan bahwa anak yang menggunakan komputer memiliki performa akademis yang lebih baik.
  6. Menstimulasi kreativitas dan imajinasi. Pemrograman komputer, meskipun sederhana akan terasa menantang bagi anak. Anak belajar mengidentifikasi masalah, menganalisa pilihan, dan memilih solusi terbaik. Batasan anak dalam membuat program hanyalah imajinasinya sendiri.
  7. Meningkatkan perkembangan kepribadian. Program komputer memungkinkan anak melakukan kesalahan, memperbaiki, dan mencoba lagi tanpa takut dimarahi. Anak jadi terbiasa berani mengambil risiko, memiliki sifat yang lebih independen, dan lebih percaya diri.
                 Komputer akan memberikan pengaruh positif bila digunakan dengan bijaksana, yaitu membantu pengembangan intelektual dan motorik anak. Namun juga dapat membuat dampak yang negatif, yaitu bila anak-anak dibiarkan menggunakan komputer secara sembarangan,
Contohnya saja jika anak mengalami kecanduan game komputer. Kecanduan bermain komputer dapat memicu anak menjadi malas menulis, menggambar ataupun melakukan aktivitas sosial. Kecanduan bermain komputer dapat terjadi karena sejak awal orang tua tidak membuat aturan terlebih dahulu. Jadi sebelum memperkenalkan anak  dengan komputer dan internet, kita harus memastikan bahwa kebiasaan berkomunikasi secara langsung di keluarga harus berjalan dengan baik. Dan orang tua perlu membuat kesepakatan dengan anak soal waktu bermain. Misalnya, memberikan waktu bermain pada hari libur.
Selain itu juga  banyak hal yang dapat merugikan apabila dalam pengaplikasikannya tidak diiringi dengan bimbingan dan nilai moral yang baik, diantaranya adalah :
  1. Melalui computer anak dapat meniru hal-hal yang kurang baik, karena tidak adanya penyaringan untuk anak.
  2. Melalui komputer akan dapat merusak system kerja otak karena sinar katoda yang di terima oleh otak .
  3. Melalui komputer ini juga akan mengurangi gerak anak karena hanya terfokus duduk di depan komputer.
  4. Dari segi sosialisasi anak akan sulit berkomunikasi karena anak terbiasa berinteraksi dengan komputer.
Salah satu cara mengenalkan komputer kepada anak-anak taman kanak-kanak adalah dengan memasang sebuah aplikasi game/permainan yang disukai oleh anak-anak pada usia tersebut, dan juga sekarang sudah banyak aplikasi CD Interaktif untuk anak-anak. Banyak bermacam-macam jenis game yang dapat kita temukan yaitu game-game dengan unsur hiburan yang sesuai dengan materi, sehingga anak semakin suka. Dalam kaitan ini, komputer dalam proses belajar, akan melahirkan suasana yang menyenangkan bagi anak. Gambar-gambar dan suara yang muncul juga membuat anak tidak cepat bosan, sehingga dapat merangsang anak mengetahui lebih jauh lagi. Sisi baiknya, anak dapat menjadi lebih tekun dan terpicu untuk belajar berkonsentrasi. Namun tidak semua game yang ada dapat menunjang perkembangan anak. Game yang berbau pendidikanlah yang sebaiknya kita berikan kepada anak-anak pada usia dini tersebut, karena disamping mereka bermain, meraka juga dapat belajar komputer.
Selain itu, pembelajaran komputer juga bisa dibuat degan tema yang dibahas di taman kanak-kanak selama 1 tahun, sehingga pembelajaran komputer dapat diterapkan untuk menunjang keberhasilan pendidikan anak dan membantu anak mengembangkan semua aspek perkembangannya. Melalui media komputer, anak belajar dengan bertindak dan mendapat banyak informasi secara integral sehingga anak mampu mendeskripsikan pengetahuan yang diperolehnya baik melalui visual( menggambar) maupun auditorium (bercerita).
Jadi menurut saya pembelajaran komputer pada AUD sudah diperlukan saat sekarang ini agar anak juga dapat menjadi generasi yang tidak tertinggal dengan kemajuan zaman, agar anak dapat menghadapi dunia untuk kedepanya, yang semakin berkembang, dan agar anak dapat menjadi seorang yang ilmiah dengan menemukan teknologi-teknologi yang baru, namun hal ini dapat terwujud apabila seluruh agen pendidik memahami akan teknologi dan kebutuhan serta perkembangan anak itu sendiri. Dan orang tua hendaknya memahami sejauh mana anak dikenalkan dengan komputer dan bagimanpula dengan pemahaman orang tua tentang komputer itu sendiri, begitu juga dengan guru dan masyarakat, bagaimana anak akan bisa memahami komputer apabila gurunya tidak mampu dalam mengaplikasikanya, dan agar komputer itu benar-benar menjadi media yang bermanfaat bagi anak masyarakat juga harus memahami hal-hal apa saja yang perlu dan yang tidak perlu diketahui anak. Dan apabila kita melihat dari segi kemampuan ekonomi baik sekolah maupun masyarakat, masih banyak masyarakat yang menganggap komputer adalah barag mewah yang sulit untuk mendapatkanya, begitu juga dengan sekolah-sekolah yang kekurangan biaya dalam melengkapi fasilitas pendidikan, dan kemampuan anak untuk mengolah komputer itu seperti anak-anak yang ada di pedusunan.
Untuk anak usia dini yang ada dipedusunan dapat juga belajar komputer jika guru atau pihak sekolah dapat mengusahakan kepada pemerintah daerah atau kepada pihak yayasan untuk mendapatkan komputer. Namun, pada saat sekarang ini sudah banyak warung internet dipedesaan, untuk masyarakat yang memerlukan. Dengan semakin berkembangnya teknologi seperti saat sekarang ini menurut saya sudah mudah untuk mendapatkan komputer tersebut.
Ditulis oleh vanni miza oktari, mahasiswa jurusan PG-PAUD,UNP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar