Jumat, 07 Desember 2012

MENGASUH ANAK DENGAN CINTA


Cinta merupakan salah satu kebutuhan jiwa yang harus dimiliki oleh setiap manusia. Termasuk cinta dalam keluarga, didalam keluarga sangat penting membangun rasa cinta contohnya cinta kepada anak. Memiliki anak adalah harapan dari setiap pasangan suami istri. Meskipun ada beberapa pasangan yang memutuskan untuk menunda memiliki anak karena alasan tertentu,tak sedikit pasangan yang merasa gelisah jika setelah lama menikah tak juga ada tanda tanda kehamilan. Berbagai upaya pun ditempuh agar bisa segera mendapatkan momongan. Mulai dari mengambil anak sebagai “pancingan”,menerapkan gaya hidup sehat, mengurangi beban kerja, hingga rutin berobat pada ahli medis.
Setelah berhasil memiliki anak,kemudian kita fokus pada cara mengasuh anak dengan penuh rasa cinta dan sayang. Pada tahun-tahun pertama kehidupannya (bahkan sejak dalam kandungan), anak mutlak memerlukan ikatan yang erat, serasi dan selaras dengan ibunya untuk  menjamin tumbuh kembang fisik-mental dan psikososial anak. Dengan cara anak tak hanya butuh diberi makan, minum susu, mainan, atau pakaian bagus. Anak juga butuh diberikan perhatian, dukungan ,cinta, dan kasih sayang yang akan membuatnya merasa aman dan nyaman. Dan juga kita sebagai orang tua harus memperhatikan minat, keinginan dan pendapatnya dalam hal menunjukkan kasih sayang kita kepada anak. Namun, meskipun rasa cinta gampang diucapkan, memberikan rasa cinta dan sayang ini tak semudah kelihatannya. Orang tua sering beranggapan bahwa apa yang diberikan atau dilakukannya pada anak adalah ungkapan dari rasa cinta dan sayang mereka. Contohnya saja yaitu orang tua suka melakukan hal ini pada anak seperti :
  1. Melarang anak ikut melakukan pekerjaan rumah agar tidak kelelahan
Sebenarnya Cinta dan sayang orang tua pada anaknya tidak harus dengan melarangnya mengerjakan pekerjaan rumah karena khawatir anak akan kecape’an. Sebenarnya, mengikutsertakan anak dalam kegiatan rumah tangga justru dapat melatih kemandirian dan rasa tanggung jawab anak, misalnya : merapikan kamar sendiri, membereskan mainan, menyapu dan lain-lain sehingga anak akan terbiasa mandiri dan tidak tergantung orang lain.



  1. Melarang anak menyentuh hewan peliharaan karena takut celaka.
Sebenarnya kita bisa membiarkan anak menyentuh hewan peliharaan kita dirumah ,misalnya kucing. Akan lebih baik bila orang tua ikut serta mengelus kucing tersebut serta memastikan kucing  yang disentuh oleh anak adalah kucing jinak. Setelah memegang kucing, orang tua dapat mengajarkan anak mencuci tangan dengan sabun hingga bersih. Dengan menyentuh dan mengelus kucing,  anak bisa belajar tentang kebersihan sekaligus menyayangi binatang dan disana juga bisa mengenalkan konsep ciptaan tuhan.
  1. Memberikan segala sesuatu yang diminta oleh anak

Orang tua tidak perlu selalu mengabulkan permintaan anak. Anak sering meminta sesuatu hanya karena keinginan sesaat atau sekedar ikut-ikutan. Disini orang tua dituntut untuk mampu menimbang secara bijaksana. Apakah anak benar-benar membutuhkan benda yang dimintanya? Apakah memberikan benda itu tak akan membahayakan anak? Sebaiknya perhatikan dulu apakah mainan tersebut cocok untuk usia anak. Mainan yang banyak bagian kecil yang bisa dibongkar pasang sangat tidak dianjurkan pada anak batita karena pada usia ini anak masih suka memasukan berbagai macam benda kedalam mulut. Mengasuh anak dengan rasa cinta dan sayang merupakan tanggungjawab yang mutlak harus disadari oleh orang tua. Sebagaimana teori tabularasa, anak adalah selembar kertas putih. Orang tualah yang pertama kali menentukan tulisan dan warna yang akan digoreskan diatas kertas putih itu.
Untuk itu dalam mengasuh anak dengan rasa cinta dan sayang tidak perlu melarang anak untuk ikut melakukan pekerjaan rumah,melarang anak menyentuh hewan peliharaan karena takut celaka , memberikan segala sesuatu yang diminta oleh anak dan lain-lain. Namun kita sebagai orang tua harus pandai dalam memilah-milah mana yang tepat diberikan untuk anak dalam mengungkapkan rasa cinta dan sayang kita kepada anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar