Rabu, 12 Desember 2012

CONTOH RENCANA KEGIATAN HARIAN


KELOMPOK                      : B
SEMESTER/ MINGGU     : II/2
TEMA / SUB TEMA          : Rekreasi/Kendaraan Darat
HARI/TANGGAL              : Selasa/ 11-12-12

Indikator
Kegiatan pembelajaran
Alat/ sumber belajar
Penilaian perkembangan peserta
Metode
Hasil





Berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan (NAM)




Mendengarkan dan memperhatikan teman berbicara (Bhs)



Membiasakan berbicara/ berbahasa yang baik dan sopan dengan teman dan orang dewasa
(bhs)                                                  menunjukkan sikap saling tolong menolong ( menolong teman membuat alat transportasi darat dengan melalui media)(                                                    menunjukkan sikap saling tolong menolong ( menolong teman membuat alat transportasi darat dengan melalui media menunjukkan sikap saling tolong menolong (




Menunjukkan sikap saling tolong menolong sesama teman











Berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan


Mendengarkan dan memperhatikan teman bicara
1.       Kegiatan awal  30 menit
·      Salam, berdoa, bernyanyi


2.    Kegiatan Inti 60 menit

·      Anak satu persatu berdiri bercerita tentang pengalaman naik kendaraan darat (mobil,motor, sepeda)

·       Guru dan anak bercakap tentang perbuatan yang benar dan buruk ketika dalam kendaraan dengan menggunakan media gambar.

·       Guru membentuk dua kelompok dalam suatu kelas untuk kegiatan menggambar dan mewarnai dan anak saling bekerja sama dalam menyelesaikan gambar tersebut.

III. Istirahat  30 menit
Cuci tangan,doa, makan,bermain


IV. Kegiatan akhir 30 menit
Diskusi kegiatan hari ini
Nyanyi ,doa pulang dan salam


Guru dan anak






Gambar
Anak dan guru





Gambar,anak dan guru









Gambar,crayon,













Air,sabun,lap tangan
Alat permainan


Guru dan anak
Guru dan anak



Observasi







Unjuk kerja







Percakapan










Pemberian tugas













Unjuk kerja





Percakapan

Unjuk kerja





Narasi kegiatan
  1. Kegiatan awal 30 menit
                Pada Kegiatan  awal pukul 08.00 setelah lonceng berbunyi, anak masuk kedalam kelas dan kemudian diawali dengan mengucapkan salam. Kemudian anak-anak memulai membaca doa ketika mau memulai kegiatan pembelajaran. Setelah membaca doa, agar pembelajaran menyenangkan  sebelum memulai pelajaran guru mengajak anak bernyanyi bersama.
  1. Kegiatan inti 60 menit
                Pada kegiatan inti guru memberikan anak satu persatu untuk bercerita tentang pengalaman anak naik kendaraan darat seperti (mobil,bus,sepeda,sepeda motor,kereta api, dan bajaj).Anak berdiri satu persatu dan menceritakan kendaraan apa saja yang pernah dinaiki.setelah itu  guru dan anak bercakap tentang hal yang baik dan buruk didalam kendaraan.
hal yang baik didalam kendaraan yaitu:
                Ketika hendak berkendaraan motor kita harus memakai helm anak-anak,agar kepala kita terlindung dari panas dan juga jika seandainya kecelakaan terjadi. Setelah itu jika kita berada didalam mobil kita harus memakai sabuk pengaman agar aman. Dan ketika didalam perjalanan  kita harus mematuhi aturan lalu lintas terutama lampu lalu lintas,misalnya jika lampu merah kita wajib berhenti,kalau lampu kuning adalah untuk waspada akan lampu merah hidup,dan lampu hijau kita tetap melanjutkan perjalanan, aturan tersebut harus kita patuhi anak-anak tujuannya untuk menghindari terjadinya kecelakaan. Dan juga didalam perjalanan kita harus budayakan antri.
Setelah menjelaskan hal itu guru memberi anak satu buah nyanyian yang berjudul “utamakan keselamatan” karangan kak zepe yaitu:
Utamakan lah keselamatan
bukan kecepatan kendaraan
gunakan jalanan dengan sopan
Agar aman sampai tujuan } 2x
                Setelah bernyanyi guru mengadakan kegiatan membentuk anak dua kelompok untuk kegiatan menggambar dan mewarnai dan mengajak anak untuk bekerjasama saling tolong menolong dalam kelompok untuk menyelesaikan kegiatan tersebut  dan kelompok siapa yang paling cepat akan mendapatkan hadiah bintang.
                Kemudian istirahat selama 30 menit, ,pada saat istirahat makan sebelum makan guru meminta anak untuk mencuci tangan memakai sabun sabelum makan,dan berdoa stelah itu makan,dan setelah makan, anak-anak bermain dikarangan sekolah.
  1. Kegiatan akhir
                Pada kegiatan akhir, guru dan anak mendiskusikan tentang apa-apa saja yang dibahas pada pelajaran hari ini,dan tanya jawab kepada setiap anak. Setelah itu utuk menyegarkan kembali semangat anak guru dan anak melakukan kegiatan bernyanyi,setelah itu berdoa pulang,salam dan pulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar