Sabtu, 08 Desember 2012

BUAT MEREKA DAN AKU JUGA

Enam orang sahabat yang merindukan  hal ini

Tulisan ini mungkin bukan cerpen, tapi bisa dikatakan cerpen. Namun yang paling pas ini bisa dikatakan isi hati. Seperti orang bilang  itu “curhat”. Sebenarnya isinya bukan tentang pendidikan sih, ini Cuma sekedar bacaan hiburan diri aku saja.
Apa sih yang saat ini aku fikirkan, bahkan sama sekali aku tak bisa memikirkan apapun yang hendak aku tuliskan disini. Sebenarnya sih aku ingin menuliskan tentang aku dan mereka namun aku juga bingung mau mulai tulisan ini darimana.Begini saja, aku dan mereka itu mempunyai satu hubungan, hubungan yang bagaimana? Seperti perkataan banyak orang “persahabatan”.
Sebenarnya apa sih yang dikatakan persahabatan itu?

Banyak orang bilang, persahabatan itu ada disaat suka dan duka, dan ada juga yang mengatakan sahabat itu ketika dia mau disuruh-suruh, saling menyanyangi dan juga banyak orang bilang persahabatn itu harus melakukan hal yang sama. Tapi menurut aku yang dikatakan persahabatan itu bukan hanya itu, tapi persahabatan itu “memberikan banyak perbedaan namun cerdik dalam menyatukan”. Kita bisa  banyak belajar ketika kita dapat memiliki banyak perbedaan dan cerdik dalam menyatukan perbedaan-perbedaan itu. Seperti yang aku rasakan didunia nyata sekarang, baiklah aku akan sedikit menceritakan tentang aku dan mereka.
Dimulai dua tahun yang lalu aku bertemu dengan mereka, aku bertemu dalam satu bidang maksudnya disini itu aku bertemu dengan mereka dikarenakan mempunyai satu tujuan tepatnya kita itu bertemu dalam satu Universitas, satu Fakultas dan satu Jurusan yang tak lain mereka adalah te’, ce’ , se’, si’, dan ad’ (namanya disamarkan aja yaa).
Kami berteman  selau bersama, dikampus bersama,pergi makan barsama,pulang bersama,canda-candaan bersama,kadang sering jail. Curhat dan saling terbuka disitulah kami mengenal satu sama lain. Namun ada salah satu dari anggota kami yang tidak selalu terbuka pada kami yang bernama ad’. Dia adalah sosok  yang tidak terbuka kalau dalam hal pribadi yang mungkin semua orang boleh tahu. Namun seiring dua tahun bersama dia masih saja tidak mau terbuka terhadap kami. Padahal kami berteman sudah lama walaupun baru dua tahun,tapi sepertinya sudah cukup lama bagi aku,namun belum tampak keterbukaan bagi kami tentang dia. Aku masih merasa bingung dengan hal itu tetapi kami mencoba untuk memahami karakternya.
Banyak perbedaan-perbedaan sifat dan karakter yang kami miliki. Antara aku dan mereka mempunyai banyak perbedaan yang kadang aku belum memahami. Tapi disini kami sering memiliki perbedaan pendapat, nah pendapat itulah yang terkadang menggoyahkan hubungan kami. Pendapat yang kadang sering bertolak belakang,keegoisan, yang akan menimbulkan kesalahpahaman, kejenuhan dan lain-lain yang dapat menggoyahkan hubungan kita. Namun karena adanya kedewasaan karakter seseorang diantara kami, maka semua dapat teratasi.
Namun disamping perbedaan tersebut kami juga mempunyai kesamaan yaitu kesamaan selera, kesamaan hobi dan banyak juga lainnya.
Kebersamaan kami sangat begitu dekat disaat pergi makan bareng,candaan bareng dan pada saat ngumpul-ngumpul dilapangan saat pulang kuliah dimana saat kami ngumpul,kami mengadakan permainan yaitu membuka unek-unek diantara kami dan terkadang kami saling bercerita untuk membuka tawa demi kelancaran hubungan kami. Apalagi ketika ada salah seorang teman kami yang ulang tahun, nah disana tuh luucu-lucuan saling ngerjain,ngeributin teman kami yang ulang tahun dan banyak lagi sebenarnya cerita kami yang belum sempat aku ceritakan.
Dan terkadang ada juga karakter-karakter mereka yang terkadang membuatku tak nyaman,tapi selalu ada cara mereka untuk menuntaskan semua situasi itu. Dari semua perbedaan yang kami miliki disanalah aku banyak belajar dari mereka.
Seiring berjalannya waktu dan setelah berjalan dua tahun lamanya kami bersama, aku merasa banyak perbedaan yang tidak bisa kami remukkan, kami selesaikan akhir-akhir ini. Karena kurang kompaknya,kurang kebersamaannya yang terjadi diantara kami itu dikarenakan kesibukan masing-masing,kesibukan dengan pekerjaannya,rumahnya, bahkan sekaligus pacar/teman laki-laki mereka mungkin termasuk aku juga,namun pembagian waktulah yang penting disini.
Dulu aku kira persahabatan itu harus musti saling bersama, pergi bersama, mementingkan kebersamaan dari pada pacarnya tapi sekarang aku sadar, hal itu adalah bagian kecil dari persahabatan. Aku sadar semua manusia mempunyai kesibukan masing-masing,mempunyai cita-citanya sendiri,mempunyai rencana hidupnya sendiri. Aku sadar dengan bertambahnya umur dan bertambahnya pikiran seseorang maka akan berubahlah cara pandang mereka tentang perencanaan hidupnya masing-masing. Dengan hal itu kebersamaan yang sering kita jalani seperti dua tahun lalu selalu bersama setiap hari, tidak bisa kami tempatkan pada saat sekarang ini.
Salah satu dari kami yang bernama ce’ tidak bisa lagi selalu bersama dengan kami, jarang untuk selalu bersama kami. Karena dia mempunyai kesibukan sendiri  Karena hal itu kami merasa kekurangan anggota, kehilangan dia,kehilangan saat-saat bersamanya. Diantara kami selalu merasa cemburu dengan dia dan kesibukannya. Sehingga perilaku kami itu berubah aneh padanya berubah seperti layaknya orang asing tetapi tidak orang asing,  contonya saja seperti ketika dia datang sifat kami terkadang pura-pura mencuekinya, trus pura-pura meledekinya  sehingga dia merasa tersinggung dan lebih sedikit diam. Kami spontan melakukan hal itu dikarenakan  dibalik semua itu kami hanya ingin perhatian dari dia kami menginginkan sedikit waktunya untuk bersama kami mencoba merasakan hal-hal seperti dulu yang kami sering lakukan.
Kemudian salah satu anggota dari kami yang bernama te’ membuat suatu grup dijejaringan sosial yaitu di facebook yang bernama bebeh n’thegank digrup itulah tempat kami meluapkan isi hati kami.Dulunya aku belum memahami benar mereka dan sekarang aku memahami sepenuhnya. Dan anggota kami yang dulunya belum spenuhnya terbuka sekarang terbuka. Disanalah tempat kami meluapkan isi hati kami dan dengan sarana itu lah kami bisa menyatukan perbedaan pendapat, kesalahpahaman dan hal lainnya.
Pelajaran yang bisa diambil
  1. Kita didalam berteman harus saling pengertian, saling memahami dan saling terbuka maka persahabatan itu akan tetap indah.
  2. Perbedaan itu indah, dan disanalah kita dapat belajar dari segala perbedaan yang cerdik bagi kita dalam menyatukannya semua perbedaan tersebut.
  3. Kita harus mengerti bahwa persahabatan itu tidak musti harus saling bersama, pergi bersama, mementingkan kebersamaan dari pada pacarnya tapi kita harus sadar hal itu adalah bagian kecil dari persahabatan. Kita harus menyadari bahwa semua manusia mempunyai kesibukan masing-masing,mempunyai cita-citanya sendiri,mempunyai rencana hidupnya sendiri. Dan menyadari dengan bertambahnya umur dan bertambahnya pikiran seseorang maka akan berubahlah cara pandang mereka tentang perencanaan hidupnya masing-masing. Tidak selamanya akan selalu tetap seperti sebelumnya karena sesuatu dalam berjalannya waktu pasti akan berubah tidak ada yang abadi dan kenanganlah yang akan abadi.
Sekianlah, terima kasih untuk para pembaca yang telah meluangkan waktunya untuk membaca. Hal yang saya tulis ini bukanlah pendidikan yang mungkin tidak terlalu penting, namun ada sedikit nasehat atau pelajaran yang bisa diambil dalam tulisan ini,sekian terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar