TK AIYSIYAH 6
PEMBUKAAN
A. Nama Kegiatan
“laporan hasil Observasi”
B. Pelaksanaan Kegiatan
Tempat : TK AISYIYAH 6,Jalan medan
no 10,ulak karang, padang.
Hari/Tanggal : Selasa / 24 mei
2011
Pukul : 07.00 – 11.30 WIB
C. Kesimpulan kegiatan
Dari hasil pengamatan saya di TK
aiysiyah,saya dapat memberikan informasi yaitu jumlah murid di TK aiysiyah 6
adalah
Lokal A1 terdiri dari 4 laki-laki
dan 4 perempuan
Lokal B1 terdiri dari 11 laki-laki
dan 6 perempuan
Lokal B2 terdiri dari 11 laki-laki
dan 5 perempuan
Lokal B3 terdiri dari 9 laki-laki
dan 11 perempuan
Dan saya mengobservasi kelas B3
yang dibimbing oleh guru yang bernama ike asnawati.inilah kegiatan yang
dilakukan selama pembelajaran. Kami memulai observasi pada pukul 07.00.pada
pukul 07.00 anak anak satu persatu datang dan memberi salam kepada guru-guru
yang telah datang,kemudian anak-anak bermain sebelum pembelajaran dimulai.
- diluar kelas
Pada Kegiatan awal pukul 08.00 lonceng berbunyi dan dimulai
dengan anak anak berkumpul dilapangan,berbaris dan bersiap-siap lancang depan
lepas.Dan kemudian diawali dengan mengucapkan salam.
“assalammualaikum warahmatullahiwabarakatu”
Artinya: selamat atas kamu dan diberi rahmat serta berkah
oleh Allah
kemudian anak anak
mengucapkan dua kalimat syahadat (kepala ditundukan).
“asyhaduallah illahaillallah wa asyhaduanna
muhammadarasulullah”
Artinya: aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah dan aku
bersaksi bahwa nabi muhammad adalah rasul utusan Allah.
Dan pembacaan ini dibimbing oleh
guru-guru.kemudian setelah membaca kalimat syahadat itu anak-anak membaca surat
al-alaq dan kemudian anak-anak membaca surat ad-dhuha. Setelah itu anak-anak
membaca ayat kursi dan setelah membaca ayat kursi anak-anak membaca iqrar dan
Tampungkan tangan membaca “iqrar”
“radhitubilla hirabba wabil islamidina.wabil muhammadi nabi
ya warasulla wabil qur’ani imama walhukma.rabbizidni ilma warzuknni fahma”.
Artinya: aku rela Allah tuhanku dan aku rela islam agamaku
dan aku rela nabi muhammad adalah rasulku dan aku rela alquran sebagai pedoman
dan penuntun ku.ya allah ya tuhanku tambah lah ilmu ku dan pertinggilah
kecerdasan ku,perkenankanlah ya Allah.
Setelah itu anak-anak kemudian bernyanyi bersama yang
berjudul “seragam TK aisyiyah” yaitu:
“wahai putra putri tk
bustano athfal
Mari kita kemari
bermain,bernyanyi dan bersenang hati
Dengan wajah yang
berseri
Pakaian hijau kuning
itu seragam kita
Alangkah gagahnya
Itulah tk bustano
athfal aisyiyah indoneia”
Kemudian nyanyi “taman yang paling indah” yaitu:
“taman yang paling
indah,hanya taman kami
Taman yang paling
indah,hanya taman kami.
Tempat bermain
bersenda gurau.
Itulah taman
kami,taman kanak-kanak.
Setelah itu Menyanyi yang berjudul “ bila aku senang” sambil
menggerakkan tubuh yaitu:
Bila aku senang 2x
Ku ucapkan
alhamdulillah
bIla aku kagum 2x
ku ucapkan
subhanallah
bila aku salah 2x
ku ucapkan
astagfirullahal’azim
bila aku susah 2x
ku ucapkan
hasbunallah
dan kemudian anak anak menyanyi dengan
gembira yang berjudul “gembira berkumpul” dengan menggerakkan tangan dan
kepalanya yaitu:
“ayo kawan ayo kawan
berkumpul,berkumpul bersenang senang semuanya.
Jangan segan jangan
segan bersama bernyanyi bergembira.
Tepuk tangan ”prok
prok prok” 2x
Tepuk tangan semuanya
bergembira”
Setelah itu,guru memberikan aba-aba bersiap jalan ditempat
kepada anak,kemudian memegang bahu teman dan anak-anak jalan masuk ke kelas masing-masing.
- didalam kelas
pada saat didalam kelas,setelah itu anak anak masuk
kekelas dengan mengucapkan salam dan
guru mempersilahkan anak-anak duduk.Kemudian guru mengabsen anak-anak satu
persatu.guru memulai pelajaran dengan merangsang anak-anak untuk menyebutkan
nama hari,tanggal,bulan dan tahun pada hari tersebut.Kemudian setelah itu
anak-anak disuruh menyebutkan macam macam rukun islam yaitu:
Membaca 2 kalimat
syahadat
Sholat 5 waktu sehari
semalam
Puasa dibulan
ramadhan
Membayar zakat
Naik haji bagi yang
mampu
Dan kemudian anak-anak disuruh menyebutkan rukun iman,yaitu:
Iman kepada Allah
Iman kepada malaikat
Iman kepada nabi dan
rasul
Iman kepada kitab
Allah
Iman kepada hari
kiamat
Iman kepada qada dan
qadar
Dikarenakan tema pada hari itu
sudah habis,guru hanya memberikan pengayaan dan mengulang-ulang pelajaran.yaitu
pengayaan membaca dan menulis.anak-anak membaca dan menulis pada saat itu,dan
guru melakukan evaluasi setiap anak,ejauh mana kemampuan anak.Setelah itu jam
09.30 anak-anak istirahat,anak-anak bermain bebas dihalaman dan guru
mengawasinya.Kemudian jam 10.00 masuk kekelas,sebelum masuk kekelas anak-anak
cuci tangan secara bergantian dan mauk kekelas dan mempersiapkan diri dan duduk
untuk makan,kemudian anak-anak berdoa sebelum dan sesudah makan dan dibimbing
oleh guru.yang doanya adalah
• Do’a Sebelum Makan
: "Allahumma baarik lanaa fiimaa
razaqtana wa qinaa ‘adzaa-bannaar.
Bismillahirrahmaaniraahiim."
Artinya : "Ya Allah berkahilah kami dalam rezki yang telah Engkau
limpahkan kepada kami, dan peliharalah kami dari siksa neraka. Dengan nama
Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. (HR. Ibnu as-Sani)
• Do’a Sesudah
Makan: "Alhamdulillahilladzii
ath’amanaa wa saqaanaa wa ja’alanaa muslimiina". Artinya : Segala puji
bagi Allah Yang telah memberi kami makan dan minum, serta menjadikan kami
muslim. (HR. Abu Daud).
Dan setelah itu anak anak kembali
bernyanyi dengan lagu lagu yang telah diperkenalkan oleh guru.kemudian setelah
itu anak anak keluar kelas dan kumpul dilapangan.pada Jam 11.00 kegiatan
pengembangan fisik motoriknya ,ada anak-anak
yang menari.dan melakukan aktifitas lain.ada anak anak latihan tari
persembahan,tari masal dan tari cindai.
Itulah laporan hasil
pengamatan saya di TK aisyiyah 6 pada hari selasa tanggal 24 mei 2011.
D. Metode mengajar
•
Ceramah
•
Tanya jawab
•
Demonstrasi
•
Pemberian tugas
E. Tema
“TANAH AIRKU”
F. Sub Tema
“Negaraku,kehidupan
dikota,kehidupan didesa”
G. Alokasi waktu
“3 minggu”
H .Aspek perkembangan
Terdiri dari Area pasir dan air,area musik,area ipa,area
agama,area seni/motorik,area bahasa,area drama,area berhitung dan area balok.
I.bidang pengembangan yang paling sulit dikembangkan
Diantara bidang bidang pengembangan yang masih sulit
diterapkan adalah bidang bahasa,karena anak-anak cenderung kebanyakan belum
lancar membaca.
J.Kurikulum
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai
tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman
penyelenggaraan kegiatan pembelaja ran untuk mencapai tujuan pendidikan
tertentu.Kurikulum TK AISYIYAH yang digunakan saat ini adalah KurikulumTK
2004,yaitu menggunakan rkh dan rkm. Dokumentasi kurikulum 2004 taman kanak-
kanak dan raudlatul athfal terdiri atas kerangka dasar standar kompetensi taman
kanak- kanak dan raudlatul athfal. Taman kanak-kanak adalah salah satu bentuk
satuan pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal yang menyelenggarakan
progam pendidikan bagi anak usia empat tahun sampai enam tahun. Raudlatul Athfal adalah salah satu bentuk
satuan pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal yang
menyelenggarakan progam pendidikan umum dan pendidikan keagamaan islam bagi
anak berusia empat tahun sampai enam tahun. Kurikulum berbasis kompetensi (KBK) adalah
kurikulum yang seperti namanya didasari oleh kompetensi. Kompetensi sendiri
adalah pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai dasar yang direfleksikan dalam
kebiasaan berfikir dan bertindak secara terus-menerus dan konsisten.
K. Rencana Kegiatan Mingguan
Rencana Kegiatan Mingguan (RKM) Merupakan penjabaran dari
perencanaan semester yang berisi kegiatan-kegiatan dalam rangka mencapai
indikator yang telah direncanakan dalam satu minggu sesuai dengan keluasan
pembahasan tema dan sub tema.
L. Rencana Kegiatan Harian
Rencana Kegiatan Harian (RKH) Merupakan penjabaran dari RKM,
yang memuat kegiatan-kegiatan pembelajaran, baik yang dilaksanakan secara
individual, kelompok, maupun klasikal dalam satu hari.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar