Sabtu, 08 Desember 2012

LAPORAN HASIL OBSERVASI


TK AIYSIYAH 6
PEMBUKAAN
A. Nama Kegiatan
“laporan hasil Observasi”
B. Pelaksanaan Kegiatan
Tempat : TK AISYIYAH 6,Jalan medan no 10,ulak karang, padang.
Hari/Tanggal : Selasa / 24 mei 2011
Pukul : 07.00 – 11.30 WIB
C. Kesimpulan kegiatan
Dari hasil pengamatan saya di TK aiysiyah,saya dapat memberikan informasi yaitu jumlah murid di TK aiysiyah 6 adalah
Lokal A1 terdiri dari 4 laki-laki dan 4 perempuan
Lokal B1 terdiri dari 11 laki-laki dan 6 perempuan
Lokal B2 terdiri dari 11 laki-laki dan 5 perempuan
Lokal B3 terdiri dari 9 laki-laki dan 11 perempuan

Dan saya mengobservasi kelas B3 yang dibimbing oleh guru yang bernama ike asnawati.inilah kegiatan yang dilakukan selama pembelajaran. Kami memulai observasi pada pukul 07.00.pada pukul 07.00 anak anak satu persatu datang dan memberi salam kepada guru-guru yang telah datang,kemudian anak-anak bermain sebelum pembelajaran dimulai.
  1. diluar kelas
Pada Kegiatan  awal pukul 08.00 lonceng berbunyi dan dimulai dengan anak anak berkumpul dilapangan,berbaris dan bersiap-siap lancang depan lepas.Dan kemudian diawali dengan mengucapkan salam.
“assalammualaikum warahmatullahiwabarakatu”
Artinya: selamat atas kamu dan diberi rahmat serta berkah oleh Allah
 kemudian anak anak mengucapkan  dua kalimat  syahadat (kepala ditundukan).
“asyhaduallah illahaillallah wa asyhaduanna muhammadarasulullah”
Artinya: aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa nabi muhammad adalah rasul utusan Allah.
Dan pembacaan ini dibimbing oleh guru-guru.kemudian setelah membaca kalimat syahadat itu anak-anak membaca surat al-alaq dan kemudian anak-anak membaca surat ad-dhuha. Setelah itu anak-anak membaca ayat kursi dan setelah membaca ayat kursi anak-anak membaca iqrar dan Tampungkan tangan membaca “iqrar”
“radhitubilla hirabba wabil islamidina.wabil muhammadi nabi ya warasulla wabil qur’ani imama walhukma.rabbizidni ilma warzuknni fahma”.
Artinya: aku rela Allah tuhanku dan aku rela islam agamaku dan aku rela nabi muhammad adalah rasulku dan aku rela alquran sebagai pedoman dan penuntun ku.ya allah ya tuhanku tambah lah ilmu ku dan pertinggilah kecerdasan ku,perkenankanlah ya Allah.
Setelah itu anak-anak kemudian bernyanyi bersama yang berjudul “seragam TK aisyiyah” yaitu:
“wahai putra putri tk bustano athfal
Mari kita kemari bermain,bernyanyi dan bersenang hati
Dengan wajah yang berseri
Pakaian hijau kuning itu seragam kita
Alangkah gagahnya
Itulah tk bustano athfal aisyiyah indoneia”
Kemudian nyanyi “taman yang paling indah” yaitu:
“taman yang paling indah,hanya taman kami
Taman yang paling indah,hanya taman kami.
Tempat bermain bersenda gurau.
Itulah taman kami,taman kanak-kanak.
Setelah itu Menyanyi yang berjudul “ bila aku senang” sambil menggerakkan tubuh yaitu:
Bila aku senang  2x
Ku ucapkan alhamdulillah
bIla aku kagum 2x
ku ucapkan subhanallah
bila aku salah 2x
ku ucapkan astagfirullahal’azim
bila aku susah 2x
ku ucapkan hasbunallah
dan kemudian anak anak menyanyi  dengan  gembira yang berjudul “gembira berkumpul” dengan menggerakkan tangan dan kepalanya  yaitu:
“ayo kawan ayo kawan berkumpul,berkumpul bersenang senang semuanya.
Jangan segan jangan segan bersama bernyanyi bergembira.
Tepuk tangan ”prok prok prok” 2x
Tepuk tangan semuanya bergembira”
Setelah itu,guru memberikan aba-aba bersiap jalan ditempat kepada anak,kemudian memegang bahu teman dan anak-anak  jalan masuk ke kelas masing-masing.
  1. didalam kelas
pada saat didalam kelas,setelah itu anak anak masuk kekelas  dengan mengucapkan salam dan guru mempersilahkan anak-anak duduk.Kemudian guru mengabsen anak-anak satu persatu.guru memulai pelajaran dengan merangsang anak-anak untuk menyebutkan nama hari,tanggal,bulan dan tahun pada hari tersebut.Kemudian setelah itu anak-anak disuruh menyebutkan macam macam rukun islam yaitu:
Membaca 2 kalimat syahadat
Sholat 5 waktu sehari semalam
Puasa dibulan ramadhan
Membayar zakat
Naik haji bagi yang mampu
Dan kemudian anak-anak disuruh menyebutkan  rukun iman,yaitu:
Iman kepada Allah
Iman kepada malaikat
Iman kepada nabi dan rasul
Iman kepada kitab Allah
Iman kepada hari kiamat
Iman kepada qada dan qadar
Dikarenakan tema pada hari itu sudah habis,guru hanya memberikan pengayaan dan mengulang-ulang pelajaran.yaitu pengayaan membaca dan menulis.anak-anak membaca dan menulis pada saat itu,dan guru melakukan evaluasi setiap anak,ejauh mana kemampuan anak.Setelah itu jam 09.30 anak-anak istirahat,anak-anak bermain bebas dihalaman dan guru mengawasinya.Kemudian jam 10.00 masuk kekelas,sebelum masuk kekelas anak-anak cuci tangan secara bergantian dan mauk kekelas dan mempersiapkan diri dan duduk untuk makan,kemudian anak-anak berdoa sebelum dan sesudah makan dan dibimbing oleh guru.yang doanya adalah
  Do’a Sebelum Makan :  "Allahumma baarik lanaa fiimaa razaqtana wa qinaa ‘adzaa-bannaar.   Bismillahirrahmaaniraahiim."     Artinya : "Ya Allah berkahilah kami dalam rezki yang telah Engkau limpahkan kepada kami, dan peliharalah kami dari siksa neraka. Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. (HR. Ibnu as-Sani)
  Do’a Sesudah Makan:  "Alhamdulillahilladzii ath’amanaa wa saqaanaa wa ja’alanaa muslimiina". Artinya : Segala puji bagi Allah Yang telah memberi kami makan dan minum, serta menjadikan kami muslim. (HR. Abu Daud). 
Dan setelah itu anak anak kembali bernyanyi dengan lagu lagu yang telah diperkenalkan oleh guru.kemudian setelah itu anak anak keluar kelas dan kumpul dilapangan.pada Jam 11.00 kegiatan pengembangan fisik motoriknya ,ada anak-anak  yang menari.dan melakukan aktifitas lain.ada anak anak latihan tari persembahan,tari masal dan tari cindai.
Itulah laporan  hasil pengamatan saya di TK aisyiyah 6 pada hari selasa tanggal 24 mei 2011.
D.  Metode mengajar
      Ceramah
      Tanya jawab
      Demonstrasi
      Pemberian tugas
E. Tema
“TANAH AIRKU”
F. Sub Tema
“Negaraku,kehidupan dikota,kehidupan didesa”
G. Alokasi waktu
“3 minggu”
H .Aspek perkembangan
Terdiri dari Area pasir dan air,area musik,area ipa,area agama,area seni/motorik,area bahasa,area drama,area berhitung dan area balok.
I.bidang pengembangan yang paling sulit dikembangkan
Diantara bidang bidang pengembangan yang masih sulit diterapkan adalah bidang bahasa,karena anak-anak cenderung kebanyakan belum lancar membaca.
J.Kurikulum
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelaja ran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.Kurikulum TK AISYIYAH yang digunakan saat ini adalah KurikulumTK 2004,yaitu menggunakan rkh dan rkm. Dokumentasi kurikulum 2004 taman kanak- kanak dan raudlatul athfal terdiri atas kerangka dasar standar kompetensi taman kanak- kanak dan raudlatul athfal. Taman kanak-kanak adalah salah satu bentuk satuan pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal yang menyelenggarakan progam pendidikan bagi anak usia empat tahun sampai enam tahun.  Raudlatul Athfal adalah salah satu bentuk satuan pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal yang menyelenggarakan progam pendidikan umum dan pendidikan keagamaan islam bagi anak berusia empat tahun sampai enam tahun.  Kurikulum berbasis kompetensi (KBK) adalah kurikulum yang seperti namanya didasari oleh kompetensi. Kompetensi sendiri adalah pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai dasar yang direfleksikan dalam kebiasaan berfikir dan bertindak secara terus-menerus dan konsisten.
K. Rencana Kegiatan Mingguan
Rencana Kegiatan Mingguan (RKM) Merupakan penjabaran dari perencanaan semester yang berisi kegiatan-kegiatan dalam rangka mencapai indikator yang telah direncanakan dalam satu minggu sesuai dengan keluasan pembahasan tema dan sub tema.
L. Rencana Kegiatan Harian
Rencana Kegiatan Harian (RKH) Merupakan penjabaran dari RKM, yang memuat kegiatan-kegiatan pembelajaran, baik yang dilaksanakan secara individual, kelompok, maupun klasikal dalam satu hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar